Kegiatan Liburan Kreatif di Rumah (1)

    

Sumber & foto: pondokibu.com

Saat liburan adalah saatnya kita mengenalkan hal-hal dan kegiatan-kegiatan baru yang menyenangkan untuk si kecil. Ide-ide kegiatan dan permainan kreatif dari pondokibu.com ini sangat luar biasa. Mulai dari melukis di tembok, membuat adonan clay sendiri, bermain dan berkreasi dari kardus, membuat gunung berapi sampai membuat es batu berwarna untuk menemani si kecil mandi. Pantas untuk dicoba untuk menjadi kenangan indah tak terlupakan untuk buah hati kita.

 Sumber: pondokibu.com

1. Jejak-jejak Dinding.
Si kecil suka sekali mencoret-coret dinding. Mulai dari ruang tamu hingga ruang belakang penuh dengan coretannya. Entah itu gambar yang berbentuk, atau bahkan yang tak bisa ditafsirkan gambar apa yang dibuatnya. Ada juga jejak-jejak kaki dan tangan karena ia senang bermain tinta. Anda pusing karena dinding menjadi kotor. Apa solusinya?

Buatlah sebuah “tembok kekuasaan” untuk si kecil. Di halaman belakang misalnya. Khususkan tembok itu sebagai ajang kreativitasnya. Nah, kali ini, ajaklah si kecil untuk bermain jejak-jejak di dinding.

Yuk, kita buat adonannya!!

Bahan-bahan:

–          Tepung kanji

–          Air

–          Pewarna

–          Sabun colek, sedikit

Petunjuk :

Buatlah adonan dari keseluruhan bahan dalam baskom yang besar. Anda bisa memisah-misahkan menjadi beberapa warna. Ingat, adonan jangan terlalu encer agar bisa menempel di dinding.

Setelah adonan jadi, mintalah si kecil untuk menjejakkan kakinya ke adonan dan menempelkannya di dinding. Bisa juga dengan telapak tangan. Bantulah si kecil jika ia ingin menjejak pada dinding yang lebih tinggi.

Permainan ini mengasyikkan, karena selain dapat membantu melatih motorik kasarnya, juga sebagai ajang refreshing Anda dan buah hati Anda.

2. Membuat Clay Sendiri

Saat ini, kreasi clay sedang banyak diminati oleh masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa pun senang. Bukan hanya sekerdar permainan olah tangan saja, tapi sudah mulai marak di dunia bisnis. Hasil kreasi dari clay, memang unik dan menarik banyak peminat.

Sama seperti play doh yang kita bisa buat sendiri adonannya, clay pun juga begitu. Cuma, kalau clay hasilnya bisa lebih kering dan lebih tahan lama dibandingkan plastisin. Mau mencoba?

Bahan-bahan:

–          sabun mandi batangan

–          terigu

–          lem putih

–          garam

–          minyak sayur

–          pewarna kue

Cara mengolah:

  1. potong sabun mandi batangan menjadi kotak-kotak kecil, rendam dalam air sampai lembek
  2. masukkan terigu, lem, dan garam,  lalu uleni sampai kalis.
  3. agar licin, beri minyak sayur sedikit, kira-kira 1 sendok.
  4. bagi adonan menjadi beberapa bagian, lalu beri pewarna.
  5. adonan clay siap dibentuk.

3. Rumah Baruku

Permainan rumah-rumahan merupakan permainan yang sangat mengasyikkan bagi anak-anak. Sepertinya permainan in sangat tidak membosankan.karena banyak aneka pemainan yang bisa bermunculan dari pemainan ini. Misalnya saja bermain peran dengan adanya kakak dan adik, atau menjadi ayah dan ibu, atau menjamu tamu, memasak, membereskan rumah , bermain anak-anakan, berpura-pura sedang menidurkan bayinya, dan masih banyak lagi..sangat menyenangkan. Bahkan kegiatan yang dilakukan anak-anak ini mengingatkanku pada dunia masa kecilku dulu, sangat indah..Nah untuk mengajak anak memulai aktivitas permainan ini kita bisa mulai dengan menggunakan  kotak kardus bekas. Carilah sebuah kotak kardus yang cukup besar di toko peralatan rumah tangga atau supermarket.

  • Buatlah gambar pintu yang ukurannya cukup buat si kecil untuk keluar masuk dengan mudah.
  • Jika ingin membuat pintu yang dapat dibuka dan ditutup, sisakan satu bagian tinggi pintu jangan sampai terpotong.
  • Sebagai pegangan pintu dapat digunakan sendok yang diikat ke kotak kardus dengan sekrup panjang. Atau dapat juga dengan cara memberi lubang sedikit lebih besar dari jari-jari sikecil.
  • Gunakan selotip bening untuk menutup bagian-bagian yang tajam.
  • Gambar dan potonglah dua jendela disisi kiri dan kanan rumah dan ajarilah si kecil menghias bagian luar “rumah” dengan krayon atau pensil warna.
  • Mintalah si kecil masuk kedalam rumah. Si kecil akan senang keluar masuk “rumah barunya” bila ia sudah terbiasa. Dia dapat di ajari mengucapkan salam dan menjawab salam setiap kali dia memasuki “rumah”nya. Mungkin saja dia akan mulai membawa mainannya ke dalam rumah, mengeluarkannya kembali dan mengganti dengan benda-benda kesukaaannya kembali karena pada usia ini sikecil juga senang membawa sesuatu dari satu tempat ketempat yang lain. Bila lelah mungkin juga “ngotot” meminta izin anda untuk tidur siang di “rumah”nya. Biarkan dia melakukannya sebagai bagian dari eksplorasinya.

Aktivitas ini mengembangkan :

  • Interaksi bahasa
  • Kemampuan koordinasi motorik kasar
  • Pemahaman tentang “diluar” dan “didalam” rumah kardus
  • Pemahaman tentang keamanan dan kepemilikian sesuatu
  • Pemahaman tentang “buka” dan “tutup”
  • Mengucapkan salam dan menjawab salam
  • Mengenal greeting
  • Mengorganizir dengan belajar menata rumahnya agar nyaman
  • mengasah emosional jika bermain dengan saudara atau temannya karena adanya permainan yang bersifat kerjasama, belajar berbagi, menyayangi, melayani, memberi dan menerima dll.
  • bisa juga diajarkan permaianan berdagang sederhana, dengan bermain jual-jualan.
  • dan masih banyak lagi

4. Es Batu Berwarna untuk Mandi

Anak-anak kecil biasanya suka memberontak dan menolak jika diajak mandi. Ada saja alasannya. Takut airlah, nggak mau dingin lah, takut kamar mandi, dsb. Sering kali alasan-alasan dibuat karena mereka malas mandi.

Nah, kalau anak Anda mulai merajuk dan ogah mandi, buatlah acara mandinya semenyenangkan mungkin. Misalnya, dengan menghadirkan bebek mandi, membuat kolam buatan,air mancur, dsb. Bosan dengan cara itu?

Coba ajak si kecil mandi dengan es batu berwarna-warni. Caranya gampang, Anda cukup membuat es batu (boleh dengan cetakan atau plastik) yang diberi tetesan pewarna kue. Setelah dibekukan, ajaklah si kecil mandi.

Agar tidak terlalu dingin, coba siapkan air hangat, lalu cemplungkan es batu berwarna tadi. Anak-anak akan tertarik dan mau mandi dengan segera.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: