Mengisi liburan anak dengan berbagai kursus pengasah bakat.

Sumber: http://ideusaha.web.id

Kontan Minggu, III Desember 2008 hal 24 ( Ruisa Khoiriyah. )

 Bermacam tawaran kursus untuk mengisi waktu libur anak- anak kian marak. Orang tua bisa memilih kursus yang sesuai bakat dan minat anak. Mau kursus melukis, clay, atau balap gokar ? Yuk, kita tengok ! Liburan bukan berarti harus selalu bepergian atau jalan- jalan. Kalau sehari- hari anak- anak sudah disibukan dengan kegiatan belajar di sekolah, libur tahun ini bisa jadi momen untuk mengembangkan bakat anak, terutama yang berhubungan dengan dunia seni atau olah raga. Saat ini ada banyak tawaran kursus selama masa libur. Enaknya lagi, aneka kursus tersebut sudah dikemas dengan kegiatan yang bersifat suka- suka. Artinya, lebih menonjolkan factor fun alas kesenangan.

Karena kursus tersebut memang untuk mengisi liburan anak, jangka waktunya pun singkat. “ Kalau terlalu lama, nanti anak jadi keburu bosan, “ ujar Andini Suryo, seorang ibu rumah tangga. Indira Hadi, pemilik Klup Dino, mengalami hal tersebut. “ Waktu anak- anak sudah terlalu padat untuk sekolah. Makanya kami membikin kursus dengan pilihan waktu yang fleksibel, “ uncap Indra. Macam- macam kursus Lalu , apa saja yang jenis kursus yang bisa menjadi pilihan pengisi waktu libur bagi anak- anak kita ? Berkut beberapa pilihan yang bisa jadi alternative bagi Anda.

Kursus melukis

Kalau si kecil senang mencorat coret dinding rumah, mungkin saja ia berbakat melukis. Tengolah tawaran Sanggar mitra Hadi Parna yang membuka kelas melukis untuk anak- anak usia 4 tahun sampai 17 tahun. “ Ada kelas crayon dan acrylic, “ ujar Siti Nurgianti Ningsih, salah seorang pengurus Sanggar Mitra. Jika anda ingin si kecil ikut kelas melukis, sanggar yang berloksi di kemang. Jakarta Selatan, ini menarik uang pendaftaran Rp 250.000. Setelah itu ada ongkos sebesar Rp 240.000 per bulan untuk kelas crayon dan Rp 300.000 untuk kelas acrylic. Dengan ongkos segitu, peserta khursus berhak mendapatkan empat kali pertemuan dalam sebulan. Mitra juga menyediakan pembimbing alias guru. Sementara para murid harus membawa sendiri peralatan melukis, seperticrayon, kanvas, kertas, acrylic, juga kuas. Nah, bagi anak- anak yang ingin belajar melukis dalam waktu terbatas, yakni hanya sepanjang hari libur, mereka bisa memilih kelas lepas dengan membayar biaya pertemuan saja. Untuk kelas crayon, biayanya Rp 60.000 per pertemuan, dan kelas acrylic Rp 75.000 per pertemuan. Selain itu, ada pula tawaran paket holiday alias liburan yang digelar bulan Juni- Juli setiap tahun. “ Ada enam kali pertemuan dengan biaya dihitung per pertemuan sesuai jenis kelasnya, “ ujar Siti. Penyelenggara kursus melukis lainya, Klup Dino, juga menerapkan kurikulum yang longgar. Di sanggar milik Indra Hadi ini peserta kelas melukis bisa belajar dengan ongkos Rp 50.000 per pertemuan. “ Di sini semua alat, seperti kuas, crayon, kertas, disediakan oleh sanggar, “ kata Indra. Oh, ya, semisal anak- anak bosan melukis, Klup Dino juga menawarkan kelas membatik. Biayanya sekitar Rp 250.000 per paket. Dalam kelas membatik, anak- anak belajar teknik membatik, mulai dari cara memegang canting sampai teknik mewarnai kain batik, “ ini untuk anak usia delapan tahun ke atas, “ ujar Indra.

Kursus clay

Membuat anek bentuk dengan tanah liat memang mengasikkan. Nah, saat ini banyak tawaran kursus clay dengan berbagai medium, baik dari tanah liat maupun dari tepung maizena alias corn clay. Kursus membuat clay dengan tepung maizena inilah yang ditawarkan Henny. Wijaya, pemilik Corn Craft di Lippo Karawaci. Anak usia taman kanak- kanak ( TK) pun sudah bisa mengikuti kelas corn cla ini “ Kami menyasar pengembangan kognitif halus melalui kegiatan membentuk, memilih, mengenal, dan mencampor warna, “ ujar Henny yang juga membuka kelas untuk orang dewasa. Sesuai fitrah anak yang masih senang bermain, Henny hanya mematok dua jam tiap pertemuan. Untuk usia TK sampai kelas tiga sekolah dasar ( SD ), misalnya, peserta tidak dituntut menghasilkan karya tertentu. Untuk murid kelas empat SD hingga dewasa, baru Henny memberikan kelas dengan sistem project. . maksutnya, pada setiap pertemuan, murid akan belajar membuat satu benda sampai jadi. Biasanya berupa hiasan dinding, magnet kulkas, atau gantungan kunci. Untuk pertemuan selama empat jam, biayanya Rp 150.000. Adapu pertemuan delapan jam biayanya Rp 250.000. Corn Craft menyediakan semua peralatan dan setiap kelas dibatasi maksimal empat peserta. Klup Dino juga punya kursus keramik dengan medium tanah liat. Anak usia enam tahun sudah bisa mengikuti kelas ini. Ongkosnya Rp 250.000 untuk enam kali pertemuan. Satu pertemuan memakan waktu 1,5 jam-2 jam. “Kami ajarkan teknik membikin keramik, pembakaran, pewarnaan, hingga tercipta satu produk,” tutur indra. Nantinya, hasil karya si anak bisa di bawa pulang. Menurut Henny, hal tersebut bisa merangsang rasa percaya diri anak akan kemampuanya berkreasi.

Kursus gokar

Keandalan Michael Schumacher di arena balap Formula 1 mungkin jadi inspirasi bagi anak-anak menjajal olahraga satu ini. Balap gokar menjadi pilihan yang cukup aman bagi anak-anak yang ingin merasakan kebut-kebutan seperti pembalap profesianal. Salah satu tempat yang kerap menjadi pilihan anak-anak untuk bermain sekaligus belajar balap gokar adalah Speedy Karting di bilangan pancoran, Jakarta Selatan. Untuk paket dasar mengenal gokar, siapkan Rp 600.000 untuk enam kali pertemuan. Namun, jika tak ingin terikat dengan waktu belajar yang lama, anda bisa memilih paket biasa. Artinya, anak-anak bisa langsung datang dan menjajal gokar dengan membeli tket seharga Rp 30.000. Dengan biaya segitu, anak anda hanya bisa mencoba gokar selama lima menit. Jangan khawatir, sekalipun belum pernah naik gokar, petugas lapangan akan memberi pengarahan dulu pada anak-anak sebelum mereka meluncur di atas gokar. Brum….

http://ideusaha.web.id/39-anak-riang-dan-senang-bakat-semakin-berkembang.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: