Kegiatan mengisi Liburan di Rumah

Sumber: http://www.dunia-ibu.org

Sebentar lagi liburan sekolah tiba. Pembantu dan baby sitter biasanya mudik. Kita sebagai orang tua harus menjaga anak-anak kita sendiri.Mungkin kita pergi liburan keluarga untuk bersilaturahmi, baik bagi yang merayakan Lebaran atau Hari Natal. Tapi bagaimana dengan yang tidak pergi, di rumah saja? Apakah si anak tidak akan bosan? Bagaimana cara mengisi liburan di rumah agar selalu menyenangkan dan tidak membosankan?

jawab:

“Aku sih kemaren udah nyoba ngajak anakku buat kue, lumayan seru!Kalo jalan-jalan mulu tekor soalnya!”

“Anakku perempuan sih ya. Aku punya buku tentang making simple craftwork, atau percobaan di seri mengapa begini, mengapa begitu. Liburan lalu, kita bikin beaded necklace.”

“Kegiatan sama bapaknya, mengisi & membersihkan kolam ikan, atau memandikan anjing, atau piaraan lainnya”

“Bisa juga berkebun. Atau mengganti cat kamar dengan warna baru? Bisa juga menggambari dinding kamar. Menjahit, bikin baju boneka. Ajak masak, dan si anak kebagian membersihkan dan memotong sayur. Atau bikin minuman, seperti es campur, es cendol. O iya kalau mengajari anak memotong sayuran, berikan pisau roti saja. Untuk yang sudah bisa menulis, bisa diajarin menulis surat, atau menulis cerita, kan majalah anak suaka ada lomba apa gitu, jadi tinggal kirimin balik dannulisin amplopnya. Dengan demikian paling tidak si anak tahu apa yang harus dilakukan dan ditulis kalau mengirim surat.”

“Anakku yang paling besar 7 tahun, sekarang puasanya penuh sampai sore. Tapi kalau dia tidak ada kerjaan, jam 10 pagi juga sudah merengek minta buka. Makanya selain pesantren di sekolahnya, ada kursus bahasa inggris kecil-kecilan deket rumah. Tapi waktu yang tersisa 1-2 jam juga masih merengek minta buka, kalau dia nganggur. Kalau sudah agak sore aku ajakin dia bantuin masak, bikin biji salak, ngisi pastel, dll. Siang hari aku print-kan lembaran untuk mewarnai yang aku ambil dari internet, kebetulan bapaknya anak-anak dosen, jadi banyak kertas-kertas bekas lembaran tugas/ujian mahasiswanya yang baru kepakai satu muka. Adik-adiknya juga jadi keranjingan mewarnai, termasuk Daffa yang baru 20 bulan. Di www.dltk-kids.com, selain mewarnai juga macem-macem craft-nya (juga disitusnya teletubies, dan tweenies yang ada di www.bbc.co.uk).”

“Sementara ini anakku sekolah Senin-Kamis, Jumat libur. Biasanya kita doing home-schooling. Pura-pura sekolah di rumah. Dari pagi, setelah sarapan, kita mulai duduk di meja kecil, menggambar, prakarya, menempel, memotong kertas, dll. Lalu juga mainan, bikin kalung dan gelang beads, bikin puzzle, membaca. Dan sekitar 2 jam kemudian, kita berhenti untuk snack time. Anakku, seperti di sekolahnya juga, beberes, cuci tangan, dan kembali duduk di mejanya untuk makan snack. Setelah itu, kita main keluar rumah sebentar, tapi setelah musim dingin, kita biasanya tetep di rumah. Palingan nonton tv acara anak-anak kalau ada. Kalau tidak, ya mainan lagi sambil menunggu lunch-time.”

 http://www.dunia-ibu.org/html/kegiatan_liburan.html

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: